SMK ber-KAIZEN

Icon

… upaya membangun karakter PROBLEM SOLVING, menuju INDONESIA yang lebih baik.

Cita-Cita Bisa Jadi Sumber Inspirasi & Motivasi


Cita-cita terkadang dapat menjadi inspirasi bagi seseorang untuk mengukir prestasi. Tidak hanya sebatas inspirasi, cita-cita juga dapat menjadi motivasi dalam mencapai sebuah tujuan.

courtesy : igcomputer

Hal ini pula yang menginspirasi putra-putri Institut Teknologi Bandung (ITB) sehingga berhasil meraih juara dua dalam Schlumberger Ocean Plug-In for Petrel Competition. Mereka adalah Ahmad Syahputra, Ellena Saufika, Muhammad Saladin Islami, dan Phillipus Ronnie Adisatrio.

Ahmad Syahputra mengaku memang memiliki cita-cita menjadi pengembang metode geofisika pada industri migas. “Saya mempunyai keinginan menjadi orang terkenal di bidang geofisika dan menjadi satu dari orang Indonesia yang mengembangkan metode geofisika dalam industri migas,” tutur Ahmad, begitu dia biasa disapa, seperti dilansir dari laman ITB, Jumat (16/12/2011).

Tidak hanya Ame, sapaan akrab Ahmad, ketiga rekan lainnya pun memiliki cita-cita serupa. Empat sekawan ini memang berkeinginan untuk terjun di bidang geofisika dalam industri migas. Bahkan, tidak hanya serupa dalam cita-cita, mereka juga memiliki kesamaan dalam prestasi dan keaktifan di organisasi kampus.

Keempat mahasiswa Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM) ITB ini juga tidak segan berbagi inspirasi untuk terus berinovasi. Pertama, tidak takut ke luar dari zona nyaman dengan berpikir kreatif atau out of the box. Kedua, berani mencoba dari hal terkecil. Terakhir, ide kreatif tersebut harus diaplikasikan sekarang juga. Sebab, dengan terus menunda maka keberhasilan juga akan semakin lama terwujud.

Ame dan kawan-kawan baru memutuskan topik yang akan diangkat setelah melewati tiga hari pelatihan. “Akhirnya dalam kompetisi ini, kami memilih topik crosshole tomography untuk mengidentifikasi reservoir minyak bumi,” ujar Ame.

Dia menambahkan, teknik crosshole tomography mulai dilirik industri migas karena keunggulan dalam resolusinya mendeteksi reservoir migas.

Ide segar dan kreatif mereka ternyata mendapat sambutan positif dari salah satu juri yang berasal dari perusahaan asing. “Dia berkomentar, inilah masa depan. Inovasi yang ditawarkan sangat prospektif untuk perkembangan industri migas ke depan,” kata Ronnie. (mrg)(rhs)

courtesy : kampus.okezone.com

Filed under: Sharing Corner

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: