SMK ber-KAIZEN

Icon

… upaya membangun karakter PROBLEM SOLVING, menuju INDONESIA yang lebih baik.

MENYELESAIKAN MASALAH : BERPIKIR DAN BERTINDAK UNTUK KEPENTINGAN PELANGGAN


Ketika kita telah terjun dalam dunia nyata (baca : dunia usaha dan dunia industri), seringkali kita dihadapkan pada masalah-masalah yang harus diselesaikan. Masalah-masalah tersebut yang justru akan membuat bisnis akan terus berkembang. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Pada dasarnya masalah-masalah yang timbul tersebut, berkaitan dengan kepentingan pelanggan, baik secara langsung maupun tidak. Terkadang masalah tersebut berdampak pada keterlambatan janji penyerahan jasa atau produk, menjadi mahalnya harga yang harus ditanggung oleh pelanggan atau kualitas jasa atau produk yang tidak sesuai dengan standard. Karenanya, penting untuk menanamkan motivasi dalam menyelesaikan masalah, dengan menempatkan kepentingan pelanggan sebagai acuan dalam berpikir dan bertindak.

Seringkali, panjangnya rantai proses produksi atau penyajian jasa membuat sebagian kita kurang dapat menempatkan kepentingan pelanggan akhir atas produk atau jasa yang kita hasilkan. Sehingga untuk memudahkannya, dalam manajemen modern, pelanggan diartikan sebagai ‘proses selanjutnya (next process is our customer)’.

Sebagai ilustrasi, jika kita bekerja sebagai sopir, maka pelanggan kita adalah bos kita, bukan pelanggannya bos kita. Jika kita bekerja sebagai tukang, maka pelanggan kita adalah mandor kita, bukan pemilik atau pembeli rumah yang sedang dibangun. Sehingga jika kita dapat menyajikan produk dan jasa terbaik kepada mereka, harapannya mereka juga akan memberikan layanan dan produk yang terbaik kepada end customer/pelanggan di rantai yang terakhir dalam proses bisnis tersebut.

Sekarang tentukan siapa pelanggan anda dalam aktivitas keseharian anda, baik di rumah, di sekolah, di kantor atau di lingkungan anda berada. Kemudian berusahalah untuk memberikan yang terbaik kepada mereka. Jika anda menemukan masalah, gunakanlah metode problem solving dengan tetap berorientasi kepada kepentingan pelanggan. Sehingga anda akan terus termotivasi untuk bertindak dan bersikap yang terbaik kepada setiap pelanggan anda. Menarik bukan?  [ah]

Filed under: Problem Solving

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: