SMK ber-KAIZEN

Icon

… upaya membangun karakter PROBLEM SOLVING, menuju INDONESIA yang lebih baik.

KEMANA KITA AKAN MENUJU?


Ibarat dalam sebuah perjalanan, kita harus selalu menyadari kemana arah tujuan kita. Sehingga ketika suatu saat arah perjalanan kita menyimpang dari tujuan yang dituju, dengan segera kita akan kembali ke jalan yang seharusnya ditempuh.

Dapat kita bayangkan, jika seseorang berangkat dari Jakarta pukul 07:00 WIB pagi dan harus sampai di Bandung pukul 09:30 WIB pagi, namun ia menempuh jalan tol yang menuju ke Merak. Maka ia akan :

  • Menghabiskan banyak biaya,
  • Membuang-buang waktu dan
  • Menambah beban psikologis lainnya yang timbul akibat tidak menyadari arah yang akan dituju.

Seperti halnya dalam menghadapi masalah. Hendaknya kita selalu mengkonfirmasikan pada diri kita, apa tujuan dari aktivitas penyelesaian masalah yang sedang kita lakukan. Sehingga kita dapat memfokuskan diri pada tugas tertentu sesuai dengan arah atau tujuan yang ingin dicapai, serta tidak menyimpang darinya.

Meski seringkali perjalanan dalam menyelesaikan suatu masalah juga tidak berjalan mulus seperti yang kita bayangkan, yang menuntut kita untuk mengambil jalan sedikit memutar, namun dengan tetap menyadari dan memahami arah tujuan yang akan kita capai, justru akan mempercepat pencapaian hasil sebagaimana yang kita inginkan.

Pelajaran yang dapat kita petik adalah, berupayalah untuk selalu mengkonfirmasikan pada diri anda, tentang tujuan yang sebenarnya dari pekerjaan yang sedang kita lakukan. Sehingga anda akan lebih termotivasi dan terfokus pada tugas tersebut, serta terhindar dari aktivitas-aktivitas yang sia-sia.   [ah]

Filed under: Problem Solving

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: