SMK ber-KAIZEN

Icon

… upaya membangun karakter PROBLEM SOLVING, menuju INDONESIA yang lebih baik.

Pentingnya Meng-audit 5S


Menjaga 5S dalam lingkungan kerja kita, merupakan salah satu pra-kondisi untuk melakukan kaizen/continuous improvement di tempat kita berada.

Diharapkan, dengan terimplementasinya 5S di tempat kita berada, baik di rumah, kantor atau tempat kita beraktivitas, proses pencarian masalah akan lebih mudah dan lebih riil (sesuai dengan kondisi sebenarnya). Sehingga penting bagi kita untuk memastikan bahwa aktivitas 5S sudah berjalan dengan baik, dan menjadi budaya kita bekerja.

Namun, seringkali kondisi ini seperti gelombang laut, terkadang naik, terkadang turun, sehingga perlu dilakukan audit secara berkala untuk memastikan seluruh unsur 5S diimplementasikan dengan baik dan konsisten.

Ada 10 pertanyaan, masing-masing 2 pertanyaan untuk lima kategori 5S. Anda perlu memahami apa yang perlu diperiksa, untuk memastikan kondisi 5S terjaga dengan baik.

Anda dapat menambah atau mempertajam daftar pertanyaan untuk mendapatkan kondisi-kondisi lebih spesifik yang perlu diperbaiki. Selamat berimprovisasi ….

Filed under: 5S

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: