SMK ber-KAIZEN

Icon

… upaya membangun karakter PROBLEM SOLVING, menuju INDONESIA yang lebih baik.

Kaizen : Kunci Efisiensi


Perbaikan yang terus menerus diharapkan terjadi dalam setiap aspek kehidupan, karena perbaikan yang terjadi dimanapun akan mempengaruhi pada hasil. Dalam Kehidupan bila kita berubah menjadi lebih baik dari sehari kesehari maka apa yang kita kerjakan, akan membaik.

Industri di Indonesia harus mengupayakan perbaikan dalam setiap proses yang dijalankannya, karena persaingan global mengharuskan Industri kita bebenah, bila tidak ingin tergeser oleh persaingan global.

Perbaikan yang diharapkan biasanya, adalah bagaimana meningkatkan Efektivitas kerja, bagaimana meningkatkan effisiensi, bagaimana meningkatkan produktivitas kerja.

PENINGKATAN EFEKTIVITAS KERJA
Efektif dalam melakukan pekerjaan artinya bahwa setiap unit produksi bisa mengurangi produk gagal/ masalah. Apabila terjadi produk yang bermasalah, dan tidak dapat di terima oleh customer, artinya produk tersebut harus diperbaiki. Artinya ada waktu yang dibuang lagi untuk memperbaiki produk, padahal bila kita tidak membuat produk yang bermaslah, berarti seluruh waktu yang kita punyai akan sepenuhnya dipakai untuk berproduksi.
Makin Sedikit Kesalahan yang dilakukan maka makan besar pula persentasi efektivitas kerja kita.

PENINGKATAN EFFISIENSI KERJA
Effisiensi diperlukan supaya setiap pekerjaan bisa dibuat dengan besaran biaya yang se minimal mungkin. Ada orang yang berpikiran kurangi saja biaya-biaya dengan membeli bahan yg lebih murah, menggunakan tenaga yang lebih murah supaya biaya produksi bisa di tekan. Menggunakan produk murah bukan berarti kita bisa meningkatkan effsiensi, bisa jadi malah menjadi boros. Karena kunci daripada Effsiensi itu sendiri bukan dari penggunaan Bahan atau tenaga murah, tetapi tergantung pada kemampuan individu pelaksana, pamahaman strategi, pemahaman teknis yang lebih baik, sehingga bisa menggunakan tenaga sesedikit mungkin karena ada teknologi lain yang bisa menggantikan tenaga tersebut, malah bisa jadi hasilnya bisa lebih banyak. Kadang dilematis karena mungkin saja teknologi itu harus dibayar dengan harga yang tidak sedikit. Tetapi bila digunakan dalam jangka waktu yang panjang bisa sangat bermanfaat.
Bisa juga dengan menggunakan metode kerja yang lebih baik, sehingga bisa dilakukan dengan lebih cepat walaupun menggunakan jumlah tenaga dan waktu kerja yang sama.

PENINGKATAN PRODUKTIVITAS KERJA
Produktivitas adalah salah satu yang diharapkan oleh para pengusaha, karena dengan makin produktif suatu unit kerja ada orang yang mengkaitkan dengan biaya (overhead cost) menjadi lebih kecil, karena dengan menggunakan biaya yang sama mendapatkan hasil yang lebih banyak. Sama seperti Effisiensi Produktivitas banyak dipengaruhi oleh perbaikan Kompetensi, teknologi, metode kerja.

Filed under: Article

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: