SMK ber-KAIZEN

Icon

… upaya membangun karakter PROBLEM SOLVING, menuju INDONESIA yang lebih baik.

Kaizen di Grup Astra Sumbang Rp 1,84 Triliun


PT Astra International Tbk. (Astra) kembali menyelenggarakan InnovAstra, sebuah rangkaian kegiatan yang bertujuan untuk mengembangkan budaya inovasi di seluruh Grup Astra, termasuk seluruh perusahaan afiliasi. Kali ini telah memasuki tahun yang ke-26.

Pada pelaksanaan InnovAstra 26 tahun ini, merupakan tahapan yang sangat penting, karena Astra bersama seluruh mata rantai bisnisnya kembali memperkuat peran dan menata ulang fokus kerja masing-masing dalam hal pengembangan inovasi di seluruh tingkatan.

Pengembangan karya inovasi ini diberlakukan mulai dari tingkatan karyawan secara perseorangan, yang disebut dengan suggestion system (SS), dalam kelompok departemen, yang dikenal dengan quality control circle (QCC dan antar departement atau quality control project (QCP), hingga di tingkat perusahaan, yang disebut dengan business performance improvement (BPI).

InnovAstra ini dilakukan dengan bekal semangat Strive for Excellence yang menjadi salah satu unsur filosofi perusahaan, yaitu Catur Dharma,  kata Yulian Warman, Public Relations Division Head PT Astra International Tbk.

Para peserta mulai berkompetisi hasil karya penemuan mereka di tingkat anak perusahaan dari tahun 2008 – 2009 dan pada saat ini dilombakan di depan juri untuk tingkat Grup Astra. Para pemenang mendapat hadiah menarik.

Tema InnovAstra tahun ini adalah Think Creative, Deliver More. Tema tersebut merupakan sebuah ajakan kepada segenap insan Astra untuk senantiasa melakukan hal-hal yang kreatif dalam menjalankan kegiatannya sehari-hari. Memberanikan diri untuk keluar dari kesehari-harian dan kegiatan rutin, untuk melakukan inovasi secara konsisten. Segala kegiatan tersebut diarahkan dalam pencapaian hasil yang lebih baik dan berdampak luas.

Seluruh karya terbaik dari karyawan Grup Astra telah menyumbangkan Net Quality Income (NQI) sebesar Rp 1,84 triliun pada tahun ini, atau meningkat 71,76% dari tahun sebelumnya Rp 1,07 triliun.

NQI adalah salah satu alat ukur finansial dalam kompetisi di InnovAstra, yang dihitung dari adanya tambahan income setelah dikurangi tambahan biaya dari pengembangan dan implementasi proyek inovasi tersebut. Angka di atas merupakan kontribusi dari masing – masing kategori, yakni SS : Rp 17,26 miliar, QCC : Rp 302,65 miliar dan QCP: Rp 1,52 triliun.

Jumlah proposal yang masuk ke panitia tahun ini, per kategori inovasi antara lain SS : 509.404, QCC : 4.627, QCP : 468 dan BPI : 30 dibandingkan dengan tahun sebelumnya sebanyak : SS : 442.358, QCC : 3.142, QCP : 613 dan BPI baru diperkenalkan pada tahun ini.

Selain memberikan dampak positif bagi kinerja Astra, terobosan-terobosan baru tersebut juga memberikan manfaat bagi para pelanggan dan para stakeholder Grup Astra.

courtesy : swa.co.id

Filed under: Best Practice

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: