SMK ber-KAIZEN

Icon

… upaya membangun karakter PROBLEM SOLVING, menuju INDONESIA yang lebih baik.

Problem Solving 101 – Ken Watanabe


Ada yang bilang hidup ini adalah perjalanan dari satu masalah ke masalah yang lain, begitu saja silih berganti. Dan kita menjadi lebih pandai dan bijaksana karenanya. Sayang keduanya itu merupakan pilihan. Bagi yang mau melewati dan berusaha memecahkan masalahnya yang akan menjadi lebih pandai dan bijak.

Mencari solusi dari sebuah masalah adalah membuat suatu keputusan. Siapapun orangnya, pangkatnya, jenis kelaminnya, umurnya selalu harus melakukan hal ini. Lihat saja, memilih permen mana yang akan dimakan terlebih dahulu oleh seorang anak sudah merupakan hasil dari tahapan pemecahan masalah yang outputnya adalah permen mana yang dipilihnya. Semakin lama dia hidup maka semakin banyaklah keputusan yang harus dibuat dengan pilihan-pilihan yang bijak.

Lewat buku ini Ken Watanabe mencoba memberikan rumusan tahapan pemecahan masalah yang simple bahkan untuk anak-anak sebagai bagian dari keinginannya merubah focus pendidikan di Jepang dari sekedar menghafal menjadi pemecahan masalah.

Ada empat proses yang ditawarkannya, pahami situasi, identifikasi penyebab, kembangkan rencana tindakan yang efektif, eksekusi dan modifikasi. Sangat sederhana sekali dan bisa digunakan untuk memandu memecahkan masalah apapun.

Buku ini menarik untuk dijadikan referensi tidak hanya bagi seorang pemula yang ingin survive dalam hidupnya tapi juga bagi decision maker agar dapat dievaluasi tingkat efektifitas tahapan yang dilaluinya. Panduan tahap per tahap yang melengkapi buku ini dapat menjadi dasar untuk melakukannya.

Filed under: Problem Solving

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: